KursusIndonesia.com » Wiki » Adobe Indesign » Membuat Dokumen Pertama Indesign

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Mampu mendefinisikan dokumen yang ingin Anda buat dengan tepat adalah prasyarat mendasar untuk mendapatkan yang terbaik dari InDesign. Anda bisa membuat dokumen baru dengan menekan Ctrl + N pada Windows atau Command + N pada Mac atau masuk ke menu File, pilih New, lalu klik Document. Ini akan membuka kotak dialog New Document.

Ada pilihan lain di menu Baru, yang memungkinkan Anda membuat Buku atau Perpustakaan yang akan kita bahas di bab selanjutnya. Kita akan fokus pada perintah Document untuk saat ini. Membayar untuk memiliki pemahaman umum tentang berbagai opsi yang tersedia di kotak dialog New Document jadi mari kita lihat masing-masing.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Sebelum beralih, akan membantu untuk mengaktifkan kotak centang Pratinjau di sudut kiri bawah kotak dialog. Ini menciptakan pratinjau dokumen yang mudah untuk memvisualisasikan perubahan seperti dimensi halaman dan properti lainnya sebelum membuat dokumen yang sebenarnya. Perhatikan, pratinjau akan hilang saat Anda membatalkan pembuatan dokumen.

Mendefinisikan Maksud dan Tujuan Dokumen

Kita lihat banyak sekali opsi pada kotak dialog New Document. Langkah pertama adalah mendefinisikan maksud dan tujuan dokumen. Menu dropdown Intent memberi kita 3 opsi yaitu Print, Web, dan Mobile.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Opsi Print adalah opsi de facto yang dipilih oleh sebagian besar yang bekerja dengan InDesign. Ini bukan hanya untuk mencetak dokumen pada printer, tapi juga digunakan untuk hampir semua bentuk penerbitan seperti lembar produk atau template atau bahkan dokumen untuk diunggah ke Web.

Memilih opsi Print mengubah pengukuran ke picas dan ruang warna ke CMYK. Tentu saja, ini bisa diubah nanti.

Opsi Web bisa sedikit membingungkan karena tidak benar-benar berarti halaman web. Ini berarti dokumen yang dikirimkan secara elektronik seperti PDF atau dokumen di layar lainnya. Memilih opsi Web mengubah ukuran dokumen menjadi piksel dan ruang warna menjadi RGB, yang ideal untuk dokumen di layar. Tentu saja, nilai pengukuran bisa jadi custom set.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Opsi Mobile (kadang-kadang disebut Digital Publishing dalam versi InDesign yang lebih lama), memungkinkan Anda mempersiapkan dokumen sebagai aplikasi independen atau eBook yang menargetkan faktor bentuk perangkat tertentu.

Bila Anda memilih Mobile, Page Size sekarang memberi Anda pilihan untuk memilih langsung dari perangkat populer dan mengisi bidang Lebar dan Tinggi sesuai dengan mengubah unit pengukuran menjadi piksel.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Memilih Pengukuran yang Tepat

Jika Anda merasa nyaman dengan skala pengukuran lainnya, Anda dapat mengubahnya dengan membuka menu Edit, Preferences dan memilih Unit dan Selisih. InDesign memberi Anda seluruh jajaran unit yang dapat dipilih.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Sekali, Anda telah menentukan maksud dari dokumen tersebut, Anda harus memutuskan apakah Anda perlu menghadap ke halaman.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Opsi Facing Pages hanya boleh dipilih jika dokumen Anda memiliki halaman kiri dan kanan yang saling berhadapan seperti di buku. Jika Anda hanya akan membuat dokumen satu halaman atau dokumen yang memiliki informasi berbeda di berbagai halaman seperti brosur, sebaiknya matikan opsi.

Frame Teks Utama menambahkan frame teks ke Master Page Anda yang berguna jika teks mengalir dari satu bab ke bab seperti di buku. Ini dapat diabaikan secara default.

Mengatur Number of Pages dan Page Size

Anda juga dapat mengatur jumlah halaman dokumen yang akan berisi. Ini juga bisa dibiarkan di 1 dan halaman tambahan ditambahkan nanti. Jika Anda mengerjakan buku multi-bab, Anda dapat memilih untuk memilih dari halaman buku mana yang ingin Anda mulai. Sekali lagi, ini juga bisa diatur nanti.

Page Size penting untuk menentukan bagaimana dokumen ini akan dicetak. Memilih ukuran halaman yang tepat penting agar printer mengetahui ukuran yang tepat dari halaman cetak. Anda dapat memilih dari sekumpulan ukuran halaman default atau menentukan sendiri. Perhatikan bahwa Lebar dan Tinggi akan berubah secara otomatis berdasarkan pilihan yang dipilih.

Bila Anda memilih opsi Custom, Anda bisa memasukkan nilai Anda sendiri ke dalam kotak Lebar dan Tinggi. Anda dapat memasukkan nilai dalam pengukuran pilihan Anda dan InDesign secara otomatis akan mengubahnya menjadi ukuran saat ini yang digunakan dalam dokumen seperti yang didefinisikan dalam preferensi Unit dan Pengukuran.

Katakanlah, misalnya, Anda memasukkan nilai 10 inci pada bidang Lebar dengan memasukkan 10in dan menekan tombol TAB. InDesign secara otomatis akan mengubah nilai tersebut menjadi 60p0 (60 picas) yang merupakan unit pengukuran default untuk dokumen ini.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Anda juga bisa mengubah Orientasi antara landscape atau potret yang pada dasarnya menukar nilai Lebar dan Tinggi.

Area Kolom membantu Anda menentukan berapa banyak kolom yang akan dibuat dalam dokumen. Defaultnya adalah 1. The Gutter membantu mendefinisikan ruang pemisah di antara kolom-kolom ini.

Mengatur Margin, Bleed, dan Slug

Margin membantu menentukan margin halaman. Anda jelas bisa melampaui batas dengan konten Anda, namun menentukan margin membantu memberikan perspektif pada dokumen Anda.

Perhatikan bahwa ada ikon rantai di tengah, yang berarti bahwa nilai-nilai itu terkait. Jika Anda mengubah nilai untuk margin teratas, nilai lain juga akan berubah. Anda juga dapat mengganti ikon rantai untuk memisahkan nilai margin jika Anda menginginkan margin khusus di setiap sisinya. Perhatikan bahwa versi InDesign yang ada memiliki nilai Kiri dan Kanan untuk Inside dan Outside masing-masing.

Ada pilihan Bleed dan Slug yang biasanya roboh namun bisa terungkap dengan mengklik tanda panah disampingnya. Bleed adalah jumlah ruang di luar batas yang Anda tetapkan sehingga mesin cetak tidak memotong konten sebenarnya di dekat margin. Slug adalah ruang di mana Anda memasukkan informasi agar printer mengerti seperti ruang warna yang digunakan atau jumlah halaman, dll.

Menyimpan Preset Dokumen

Karena seseorang bekerja dengan banyak jenis dan dimensi dokumen, Anda mungkin merasa perlu mengingat kembali pengaturannya dengan sekali klik untuk setiap jenis dokumen yang Anda gunakan. Anda dapat menyimpan setiap pengaturan Anda sebagai preset kustom dan mengingatnya kapan pun diperlukan.

Membuat Dokumen Pertama InDesign

Klik ikon Save Document Preset tepat di sebelah bidang Preset Dokumen dan berikan nama yang dapat Anda ingat sehingga mudah mengingat kembali pengaturannya nanti. Anda juga dapat menghapus preset dengan mengklik ikon Delete Document Preset tepat di sebelah ikon Save Document Preset.

Melihat Tampilan Dokumen

Dokumen dua kolom terakhir terlihat seperti ini dan Anda dapat mulai menambahkan aset Anda ke dokumen ini. Ruang kerja Anda mungkin sedikit berbeda tapi mudah disesuaikan juga. Hal ini penting untuk mendapatkan pengaturan dokumen yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari InDesign.