KursusIndonesia.com » Wiki » Keterampilan Negosiasi » Pengantar Negosiasi

Pengantar Negosiasi

Ketika orang mendengar kata Negosiasi, mereka membayangkan pertemuan dewan, tuntutan hukum dan pembuat kesepakatan yang menguntungkan sambil menyesap teh di ruang konferensi. Mereka digambarkan mengenakan pakaian mahal mereka dan menyerahkan berkas satu sama lain.

Pada kenyataannya, kita bernegosiasi sepanjang waktu. Jika kita harus melihat sebuah negosiasi, yang harus Anda lakukan adalah mengangkat kaca jendela dan melihat ke luar. Misalnya, pernahkah Anda memutuskan tempat makan dengan teman, atau memutuskan pergi dan membicarakannya dengan atasan Anda, atau berdebat dengan senior Anda untuk mendaki? Ini semua adalah beberapa contoh umum dalam rutinitas sehari-hari kita.

Tiga Tahapan Negosiasi

Ada banyak contoh dasar negosiasi dalam kehidupan sehari-hari kita yang terjadi tepat di depan mata kita. Memutuskan untuk mencuci pakaian pada hari tertentu, atau menunda rencana untuk nanti juga adalah negosiasi dengan diri sendiri. Negosiasi yang khas mengikuti tiga langkah yang diberikan di bawah ini -

  • Pertukaran informasi

  • Tawar-menawar

  • Menutup kesepakatan

Secara umum, ada dua jenis negosiasi -

Negosiasi Integratif

Ini dibangun atas kerja sama. Kedua pihak berpikir bahwa mereka bisa mendapatkan keuntungan tanpa investasi yang signifikan. Pendekatan yang menonjol dalam negosiasi ini adalah pemecahan masalah.

Pendekatan ini memungkinkan masing-masing pihak untuk mempertimbangkan masalah prioritas rendah, sebagai imbalan bagi pihak lain untuk mempertimbangkan masalah prioritas tinggi. Penting untuk memiliki kepercayaan dan kerjasama antara kedua belah pihak untuk mencapai negosiasi integratif yang berhasil.

Negosiasi Distributif

Negosiasi ini melibatkan total yang pasti. Masing-masing pihak ingin mendapatkan sebanyak mungkin. Contoh sempurna adalah tawar menawar atas biaya sebuah kain dengan pemilik toko kain.

Dalam jenis negosiasi ini, para pihak tidak bermaksud untuk membentuk sebuah hubungan dan informasi tersebut dijaga kerahasiaannya. Kedua pihak berusaha mendapatkan informasi dari pihak lain.